Sabtu, 15 Maret 2008

Kelirunya Emosi Sesaat Mancio

Milan - Roberto Mancini sudah mencabut pernyataan bakal mundur sebagai pelatih Inter Milan di akhir musim nanti. Pengumuman undur diri sebelumnya ternyata memang hanya emosi sesaat, padahal bisa-bisa malah fatal akibatnya.

Pasca tersingkir dari Liga Champions, Mancio bikin kaget dengan menyatakan bakal mundur dari posisinya di akhir musim nanti. Ketika itu tak ada alasan yang dikemukakannya, sehingga melahirkan dugaan dan spekulasi.

Hanya dalam hitungan jam, ucapan tersebut kemudian digugurkannya sendiri usai mengadakan pertemuan dengan Presiden Inter Massimo Moratti. Terbukti, kalau ternyata pengumuman undur diri Mancio hanya sekadar dorongan emosi sesaat.

"Itu adalah reaksi pelatih atas kekalahan, cara yang keliru untuk melepaskan emosi," sesal Moratti kepada stasiun televisi Rai, yang dikutip Yahoosport, Jumat (14/3/2008).

Pernyataan yang datang tiba-tiba bahwa dia akan mundur, ketika musim masih berjalan sama sekali bukan langkah bagus. Terkesan sembrono, itu juga berpeluang membuat riak-riak negatif dalam tubuh Nerazzuri, terutama dari para pemain yang ditangani Mancio. Dengan 11 laga sisa di Seri A, plus AS Roma yang senantiasa membuntuti, hal tersebut jelas harus segera diantisipasi.

"Pelatih akan bicara dengan para pemain. (Apakah itu sudah bikin suasana kurang nyaman) akan bergantung kepada mentalitas tim dan pelatih untuk membuat keadaan jadi benar. Itu bisa bikin tak stabil kalau mereka membiarkannya seperti itu, kalau tidak maka tak akan," beber Moratti.

Mancio sendiri sudah menyadari kalau ucapannya tersebut bisa berpotensi melahirkan masalah di dalam klubnya. Kata-kata penyesalan juga sudah dilontarkan.

"Kalau saya bisa kembali, saya takkan bikin pernyataan tersebut karena itu bukanlah yang saya pikirkan, karena Inter begitu berharga buat saya. (Pengumuman) Itu tak direncanakan. Bukan karena kekalahan, itu karena kegetiran berlebih akibat keadaan, karena kami tak mengakhiri laga dengan 11 lawan 11 (usai Nicolas Burdisso dikartu merah)," tutup Mancio.

Tidak ada komentar: