Jumat, 09 Mei 2008

Inter Siap Berpesta di Giuseppe Meazza

Dua laga masih tersisa di Seri A, tapi Inter Milan sudah tak mau lagi berlama-lama memastikan diri jadi juara. Tiga angka di giornata 37 pun akan jadi jaminan untuk jadi "raja Italia". Bisa?

Pekan lalu Inter sudah membuang kesempatan untuk kembali merengkuh Scudetto. Semakin menyesakkan karena saat itu mereka takluk dari rival satu kota, AC Milan.

Kekalahan tersebut juga membuat langkah Inter sedikit lebih berat karena penguntitnya, AS Roma, mampu memangkas jarak jadi hanya tiga angka. Namun, "La Beneamata" masih tetap ada di atas angin. Dengan tambahan tiga angka lagi, mereka pasti juara. Semaraknya pesta juga langsung hadir karena partai tersebut digelar di Giuseppe Meazza, markas Inter.

Hasil imbang pun sebenarnya bisa mengunci gelar juara Inter, dengan catatan Roma juga mengemas hasil imbang di pekan 37. Dengan begini poin Inter menjadi 82 sementara Roma jadi 79. Artinya, pun jika Javier Zanetti cs kalah di pekan terakhir, raihan maksimal Mirko Vucinic dkk hanya bisa menyamainya. Inter pun akan jadi juara dengan head to head lebih baik atas Roma --Inter menang 4-1 di Olimpico dan bermain 1-1 di kandang sendiri.

Meski begitu, Inter jelas tak mau berlama-lama. Sudah semenjak pekan lalu Roberto Mancini menegaskan Inter akan jadi jawara Seri A, untuk kali ketiga secara beruntun, saat kontra Siena.

Peluang juara Inter kian terbuka mengingat Siena yang jadi lawan sudah mengamankan posisi di Seri A. Dengan predikat tersebut, bisa jadi mereka tak bakal terlampau ngotot seperti pada pertemuan pertama yang berakhir dengan kemenangan tipis Nerazzuri, 3-2.

Tentu saja jika Inter ternyata kalah, Roma bisa kembali menekan. Akhir pekan ini Roma yang sudah memenangi tiga dari lima laga terakhirnya akan menjamu Atalanta, tim yang sudah tiga kali kalah dalam lima partai belakangan. Menang, maka kans untuk juara Roma masih terjaga.

Sementara AC Milan yang ada di posisi empat klasemen masih harus terus berusaha mencari hasil maksimal guna mengamankan posisinya di zona Liga Champions. Rossoneri yang melawat ke markas Napoli di San Paolo saat ini hanya unggul satu angka dari posisi lima Fiorentina, yang pekan ini akan diuji Parma.

Di zona degradasi, Livorno dipastikan bakal terjerumus ke Seri B jika mereka gagal menang atas Torino. Empoli dan Parma juga akan tersingkir dari Seri A jika mereka kalah akhir pekan ini, dengan catatan Torino bisa menambah satu angka dan Catania bisa menundukkan Juventus.

Tidak ada komentar: